Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

PENYEBARAN FLORA DI INDONESIA

Penyebaran Flora dan Fauna di Indonesia




PENYEBARAN FLORA DI INDONESIA


Berdasarkan pendekatan biogeografi, kekayaan hayati Indonesia dibagi atas dua kelompok, yaitu Indo Malayan dan Indo Australian. Daerah peralihannya ditandai dengan garis Wallace dan garis Lydekker. Kelompok Indo Malayan meliputi tanaman yang ada di Indonesia Barat, yaitu Sumatera, jawa, Kalimantan, dan Bali. Sedangkan kelompok Indo Australia meliputi tanaman yang ada di kawasan Indonesia Timur, yaitu Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Karakteristik flora di Indonesia Bagian Timur dan Flora di Indonesia Bagian Barat juga memiliki perbedaan. Berikut ini adalah perbedaan karakteristik flora di Indonesia bagian Barat dan Indonesia bagian Timur :

# Flora di Indonesia bagian Barat :
  • banyak terdapat jenis meranti-merantian
  • terdapat berbagai jenis rotan
  • tidak memiliki gutan kayu putih
  • memiliki jenis tumbuhan matoa (pometia pinnata) yangsedikit
  • memiliki jenis tumbuhan sagu yang sedikit
  • memiliki berbagai jenis nangka
# Flora di Indonesia bagian Timur :
  • memiliki jenis meranti-merantian yang sedikit
  • tidak memiliki rotan
  • terdapat hutan kayu putih
  • memiliki berbagai jenis tumbuhan matoa (khususnya di Papua)
  • memiliki banyak tumbuhan sagu
  • tidak terdapat jenis nangka.
PENYEBARAN FAUNA DI INDONESIA


Berdasarkan tinjauan zoologi, Indonesia mempunyai perbedaan jenis fauna antara bagian barat, tengah, dan timur. Wallace membagi fauna di Indonesia menjadi 3 type, yaitu :

1. Fauna tipe Asiatis (Asiatic)
fauna tipe asiatis ini meliputi fauna yang berada wilayah Sumatera, kalimantan, Jawa, dan Bali. Di wilayah ini terdapat banyak jenis fauna yang menyusui dan berukuran besar. terdapat banyak jenis kera dan ikan air tawar serta tidak banyak memiliki jenis burung berwarna.
jenis fauna yang banyak ditemukan di wilayah ini antara lain : orang utan, monyet proboscis, badak, harimau, rusa, burung heron, dan burung merak

2. Fauna tipe Peralihan (Austral Asiatic)
meliputi fauna yang berada di wilayah Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara bagian Tengah. Di wilayah ini banyak terdapat hewan endemis.
jenis fauna yang banyak ditemukan di wilayah ini antara lain babi, rusa, kuda, kuskus, anoa, dan komodo

3. Fauna tipe Australis (Australic)
meliputi fauna yang terdapat di kepulauan Aru dan wilayah Papua. Di wilayah ini banyak ditemukan binatang menyusui yang berukuran kecil dan binatang berkantung.
jenis Fauna yang banyak ditemui di wilayah ini antara lain kanguru, burung cendrawasih, kakatua, nuri, kasuari, dan walabi.

Video Flora & Fauna di Indonesia

Pencarian Terbaru (100)
Flora dan fauna di indonesia. Persebaran flora dan fauna di indonesia. Fauna di indonesia. Fauna asiatis indonesia. Flora di indonesia. Persebaran fauna di indonesia. Fauna tipe asiatis di indonesia.
Penyebaran flora dan fauna di indonesia. Penyebaran flora dan fauna indonesia. Flora dan fauna indonesia. Penyebaran flora dan fauna. Fauna. Flora dan fauna asiatis. Persebaran fauna di indonesia bagian barat.
Persebaran fauna dan flora di indonesia. Flora dan fauna tipe asiatis. Persebaran flora fauna di dunia. Jenis flora dan fauna di indonesia. Fauna indonesia. Flora indonesia bagian tengah. Penyebaran flora di indonesia.
Pengertian flora dan fauna di indonesia. Persebaran flora dan fauna di muka bumi. Pembagian flora dan fauna di indonesia. Flora fauna. Penyebaran fauna di indonesia. Flora di indonesia bagian barat. Persebaran fauna di dunia.
Gambar flora dan fauna di indonesia. Flora dan fauna di indonesia bagian barat. Persebaran flora di indonesia. Flora indonesia bagian barat. Pembagian fauna di indonesia. Flora indonesia bagian timur. Hewan asiatis.
Artikel flora dan fauna. Fauna tipe asia. Flora asiatis di indonesia. Gambar flora asiatis. Persebaran flora dan fauna. Fauna di indonesia bagian barat. Penyebaran flora fauna di indonesia.
Pengertian flora. Flora indonesia barat. Jenis fauna di indonesia. Tipe peralihan. Flora fauna asiatis. Tipe asiatis. Hewan asiatis di indonesia.
Flora fauna indonesia. Fauna asiatis di indonesia. Persebaran flora di indonesia bagian barat. Flora dan fauna yang ada di indonesia. Jenis flora asiatis. Fauna indonesia barat. Fauna indonesia bagian timur.
Fauna indonesia bagian barat. Jenis flora di indonesia bagian barat. Jenis jenis flora dan fauna di indonesia. Gambar flora di indonesia. Jenis jenis flora di indonesia. Flora indonesia timur. Persebaran fauna di indonesia bagian tengah.
Penyebaran flora. Fauna tipe australis. Hewan asiatis indonesia. Ciri ciri fauna asiatis. Persebaran fauna di muka bumi. Jenis flora di indonesia. Persebaran flora dan fauna di indonesia bagian timur.
Pembagian flora dan fauna. Persebaran hewan di indonesia. Jenis jenis fauna di indonesia. Flora asiatis indonesia. Penyebaran flora dan fauna di dunia. Makalah flora dan fauna. Penyebaran fauna.
Persebaran flora dan fauna di dunia. Penyebaran tumbuhan. Persebaran fauna indonesia. Jenis fauna asiatis. Fauna tipe australis di indonesia. Persebaran flora dan fauna di jawa barat. Flora dan fauna asiatis dan australis.
Flora fauna di indonesia. Flora dan fauna asiatis di indonesia. Pengertian fauna asiatis. Contoh fauna asiatis. Flora dan fauna di dunia. Flora indonesia tengah. Nama flora dan fauna di indonesia.
Persebaran fauna di indonesia bagian timur. Persebaran flora & fauna di indonesia. Persebaran hewan dan tumbuhan di indonesia. Persebaran fauna. Asiatis. Hewan tipe oriental. Jenis jenis flora di indonesia bagian barat.
Makalah persebaran flora dan fauna di indonesia. Gambar flora dan fauna asiatis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar