Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Kemampuan Menakjubkan Katak 'Mencium' Bau Gempa


Headline
Siapa sangka, katak memiliki kemampuan luar biasa dalam ‘mencium’ bau gempa sebelum bencana itu terjadi. Ingin tahu?
Reaksi kimia yang tak diketahui manusia bisa memberi hewan ‘indera keenam’ yang memperingatkan mereka pada satu bencana sebelum bencana itu terjadi.
Bagi manusia, sangat sulit meramalkan aktivitas seismik dengan akurat dan membuat manusia tak siap jika ada bencana seperti gempa atau tsunami.
Menariknya, katak memiliki kemampuan mendeteksi perubahan permenit dalam kimia air dan mengevakuasi diri sebelum bencana melanda.
Ilmuwan dari Department of Life Sciences di Open University pun meneliti katak yang menghilang sebelum terjadinya gempa di Italia pada 2009 di mana setelah bencana, katak-katak ini kembali ke tempat semula.
“Perilaku aneh hewan ini telah dilaporkan sejak lama. Selalu ada tanda-tanda sebelum terjadi gempa,” kata Rachel Grant dari universitas tersebut. Terungkap, terjadi perubahan kimia di air bawah tanah hingga membuat katak keluar dari sarangnya.
Menurut ilmuwan NASA, tekanan yang terjadi pada batu membuat ion terlepas ke udara dan air. Perubahan semacam ini akan menyebabkan alterasi pada kimia dalam darah makhluk, termasuk manusia seperti dikutip DM.
Pada beberapa orang, mereka akan merasa pusing jika akan terjadi gempa. Di sisi lain, masih ada keraguan perilaku hewan terkait gempa besar. Informasi ini akan menjadi subyek riset masa depan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar